Pengertian Evaporasi (Penguapan) dan Contohnya serta Cara Mempercepat Proses Penguapan

Berikut adalah pembahasan tentang proses evaporasi yang meliputi cara mempercepat proses penguapan, cara mempercepat penguapan, pengertian p...

Pengertian Evaporasi (Penguapan) dan Contohnya serta Cara Mempercepat Proses Penguapan - Hallo sahabat BlogInfo250, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Evaporasi (Penguapan) dan Contohnya serta Cara Mempercepat Proses Penguapan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fisika, Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Evaporasi (Penguapan) dan Contohnya serta Cara Mempercepat Proses Penguapan
link : Pengertian Evaporasi (Penguapan) dan Contohnya serta Cara Mempercepat Proses Penguapan

Baca juga


Pengertian Evaporasi (Penguapan) dan Contohnya serta Cara Mempercepat Proses Penguapan

Berikut adalah pembahasan tentang proses evaporasi yang meliputi cara mempercepat proses penguapan, cara mempercepat penguapan, pengertian penguapan, contoh penguapan, pengertian evaporasi, contoh evaporasi.

Pengertian Evaporasi (Penguapan)

Ketika kamu selesai berenang di siang hari yang panas, lalu beristirahat di tepi kolam dan tidak segera mengeringkan tubuhmu dengan handuk, lamakelamaan tubuhmu akan merasa kedinginan.

Nah, tahukah kamu mengapa tubuhmu merasa kedinginan, meskipun saat itu cuaca sangat panas? Kamu merasa kedinginan karena kalor yang ada dalam tubuhmu berpindah ke tetes-tetes air yang suhunya lebih rendah dari suhu tubuhmu sampai tetes air tersebut menguap dan membawa kalor dari tubuhmu. Peristiwa tersebut menyebabkan kamu telah kehilangan energi kalor sehingga tubuhmu merasakan kedinginan.
Penguapan atau evaporasi adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air). Proses ini adalah kebalikan dari kondensasi.
Alkohol mudah menguap. Ketika alkohol diteteskan ke permukaan kulit, maka untuk penguapan dibutuhkan kalor yang diambil dari kulit sehingga kulit merasa dingin karena melepas kalor.

Dari peristiwa tersebut jelaslah bahwa zat memerlukan kalor untuk menguap. Nah, tahukah kamu hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penguapan?

Cara Mempercepat Proses Penguapan

Untuk mempercepat proses penguapan dapat dilakukan cara-cara seperti berikut.

a) Memperluas Permukaan

Pernahkah kamu mengamati ibumu ketika menjemur pakaian? Apa yang dilakukan ibumu agar pakaian yang dijemur cepat kering? Untuk mempercepat proses penguapan agar pakaian yang dijemur cepat kering, ibumu biasanya membentangkan atau melebarkan letak pakaian.

Dengan memperluas permukaan pakaian yang dijemur, berarti kamu telah memperbanyak molekul-molekul air dekat dengan permukaan udara yang memungkinkan air meninggalkan molekul lainnya untuk berubah wujud menjadi molekul-molekul gas.

b) Mengurangi Tekanan pada Permukaan

Untuk mempercepat proses penguapan dapat juga dilakukan dengan mengurangi tekanan pada permukaan. Jika tekanan pada permukaan zat cair diperkecil, partikel-partikel udara yang ada di atas permukaan zat cair menjadi lebih renggang.

Hal ini menyebabkan, partikel-partikel zat cair yang ada di permukaan dapat lebih cepat melepaskan diri dari molekul-molekul lainnya karena tidak ada molekul udara yang menghalanginya dan molekul zat cair tersebut dapat dengan mudah mengisi ruang kosong di antara molekul-molekul udara tersebut.

c) Memanaskan atau Menaikkan Suhu Zat

Jika air dalam bejana dipanaskan maka air akan lebih mudah menguap daripada air dalam bejana yang tidak dipanaskan. Hal ini terjadi karena molekulmolekul yang lebih dekat dengan permukaan bergetar lebih cepat sehingga mampu melepaskan diri dari permukaan zat cair, yang disebut dengan menguap.

d) Meniupkan Udara di Atas Permukaan

Ketika kamu membeli bakso yang masih panas, apa yang seharusnya kamu lakukan agar bakso yang masih panas cepat dingin?

Bakso yang masih panas perlu kamu tiupkan udara di atas permukaan bakso agar cepat dingin. Udara yang bertiup di atas permukaannya dapat membawa molekul-molekul air di dekat permukaan meninggalkan air panas pada bakso.

Contoh lainnya, yaitu ketika kamu meneteskan alkohol di atas permukaan kulitmu, kemudian kamu meniupnya maka alkohol tersebut perlahan-lahan mulai menguap dan habis. Peristiwa pengembunan dapat kamu amati ketika kamu memasak air di ceret dan uap airnya mengenai tutup ceret.

Baca juga: Perubahan Wujud Benda
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!

COMMENTS

Nama

Bahasa Bahasa Indonesia Berita Biologi Cerpen Ekonomi Fisika IPA IPS Jenis Puisi Jurnalistik Kalimat Karya Sastra Kata Kimia Majas Paragraf Sastra Sejarah Sosiologi Tanda Baca Tata Bahasa
false
ltr
item
BlogInfo250: Pengertian Evaporasi (Penguapan) dan Contohnya serta Cara Mempercepat Proses Penguapan
Pengertian Evaporasi (Penguapan) dan Contohnya serta Cara Mempercepat Proses Penguapan
BlogInfo250
http://bloginfo250.blogspot.com/2016/08/pengertian-evaporasi-penguapan-dan.html
http://bloginfo250.blogspot.com/
http://bloginfo250.blogspot.com/
http://bloginfo250.blogspot.com/2016/08/pengertian-evaporasi-penguapan-dan.html
true
6918820841872183750
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy