Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia

Berikut adalah pembahasan tentang lambang unsur yang meliputi Penulisan Lambang Unsur, cara Penulisan Lambang Unsur, sejarah Penulisan Lamba...

Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia - Hallo sahabat BlogInfo250, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel IPA, Artikel Kimia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia
link : Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia

Baca juga


Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia

Berikut adalah pembahasan tentang lambang unsur yang meliputi Penulisan Lambang Unsur, cara Penulisan Lambang Unsur, sejarah Penulisan Lambang Unsur, perkembangan Penulisan Lambang Unsur, tabel periodik unsur kimia.

Cara Penulisan Lambang Unsur

Jumlah unsur sangat banyak. Untuk memudahkan dalam mengingat dan mempelajarinya, maka nama unsur dapat dinyatakan dengan lambang unsur. Bagaimana cara menuliskan lambang unsur?

Setiap unsur memiliki lambang masing-masing berdasarkan nama ilmiah yang diambil dari nama latinnya. Penulisan lambang unsur mengalami berbagai perubahan dari masa ke masa, di antaranya lambang unsur pada zaman alkimia, masa John Dalton, dan masa Jakob Berzelius.

Perubahan penulisan lambang unsur ini dapat kamu amati pada Tabel berikut ini.
Perubahan lambang unsur dari masa ke masa.
Tabel: Perubahan lambang unsur dari masa ke masa.

Penulisan lambang kimia yang dipakai sampai saat ini adalah berdasarkan usulan Jons Jakob Berzelius. Menurut Berzelius, penulisan setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf, yaitu:
huruf awal dari nama latin unsur tersebut yang dituliskan dengan huruf besar. Jika ada unsur yang mempunyai huruf awal yang sama, penulisan lambang unsur dibedakan dengan menambahkan satu huruf lain dari nama unsur tersebut yang dituliskan dengan huruf kecil.

1. Lambang Unsur dengan satu huruf

Contoh penulisan lambang unsur yang menggunakan satu huruf ditunjukkan pada Tabel berikut.
Unsur-unsur yang dilambangkan dengan satu huruf.
Tabel: Unsur-unsur yang dilambangkan dengan satu huruf.

2. Lambang Unsur dengan dua hurug

Unsur-unsur apa sajakah yang dilambangkan dengan dua huruf? Beberapa contoh unsur yang dilambangkan dengan dua huruf dapat kamu amati pada Tabel berikut.
Unsur-unsur yang dilambangkan dengan dua huruf.
Tabel: Unsur-unsur yang dilambangkan dengan dua huruf.

Dari Tabel di atas, kamu dapat mengamati bahwa penulisan lambang unsur dengan dua huruf adalah huruf pertama dituliskan dengan huruf kapital, sedangkan huruf kedua ditulis dengan huruf kecil.

Tabel Periodik Unsur

Di alam semesta ini terdapat 114 unsur baik alami maupun buatan. Unsur alami terdiri atas 91 jenis unsur dan 23 unsur sisanya merupakan unsur buatan.

Unsur-unsur tersebut dikelompokkan berdasarkan kemiripan sifatnya. Pengelompokan unsur ini dinamakan Tabel Periodik Unsur. Perhatikan Tabel Periodik Unsur pada Gambar di bawah ini.
Tabel Periodik Unsur
Gambar: Tabel Periodik Unsur

Dari Tabel Periodik Unsur pada Gambar di atas, dapat kita lihat bahwa unsur-unsur dapat digolongkan menjadi logam, nonlogam, metaloid, dan gas mulia.

Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!

COMMENTS

Nama

Bahasa Bahasa Indonesia Berita Biologi Cerpen Ekonomi Fisika IPA IPS Jenis Puisi Jurnalistik Kalimat Karya Sastra Kata Kimia Majas Paragraf Sastra Sejarah Sosiologi Tanda Baca Tata Bahasa
false
ltr
item
BlogInfo250: Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia
Cara Penulisan Lambang Unsur dan Tabel Periodik Unsur Kimia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBvx3Dv-cfc1aQWnpdjHa4bLdRMgexU_u1sHsvWqqI2XjgmIx2R0YA08djLpBML9EMPyAak7S3hkm2h20KnhSgYQ5qpAzAK73rRmslJl5nmDsyfG6RuUKv_QevgBL7_-Vi6tI_xF3xqDc/s400/lambang+unsur+1.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBvx3Dv-cfc1aQWnpdjHa4bLdRMgexU_u1sHsvWqqI2XjgmIx2R0YA08djLpBML9EMPyAak7S3hkm2h20KnhSgYQ5qpAzAK73rRmslJl5nmDsyfG6RuUKv_QevgBL7_-Vi6tI_xF3xqDc/s72-c/lambang+unsur+1.JPG
BlogInfo250
https://bloginfo250.blogspot.com/2016/08/cara-penulisan-lambang-unsur-dan-tabel.html
https://bloginfo250.blogspot.com/
http://bloginfo250.blogspot.com/
http://bloginfo250.blogspot.com/2016/08/cara-penulisan-lambang-unsur-dan-tabel.html
true
6918820841872183750
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy