Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang bakteri yang meliputi pengertian bakteri, contoh bakteri, macam macam bakteri, bentuk bentuk bakteri, ...

Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya - Hallo sahabat BlogInfo250, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya
link : Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya

Baca juga


Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang bakteri yang meliputi pengertian bakteri, contoh bakteri, macam macam bakteri, bentuk bentuk bakteri, jenis jenis bakteri, ciri ciri bakteri, struktur bakteri, peranan bakteri.

Pengertian Bakteri

Apakah yang dimaksud dengan bakteri?
Bakteri (dari kata Latin bacterium; jamak: bacteria) adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi.
Bakteri berukuran mikroskopis sehingga kamu hanya dapat mengamatinya dengan mikroskop. Selnya bersifat prokariotik (inti sel tidak diselubungi oleh membran inti, sehingga hanya disebut daerah inti).

Bakteri dapat hidup hampir di semua lingkungan. Perkembangbiakannya dengan membelah diri. Pada kondisi yang ideal setiap sel bakteri akan membelah menjadi dua setiap 20 menit.

Macam-macam Bentuk Bakteri

Bentuk bakteri bermacam-macam, ada yang berbentuk batang (basil), berbentuk bulat (kokus), dan ada yang berbentuk lengkung atau seperti spiral (spirilum).

Bakteri yang berbentuk basil dan kokus biasanya mempunyai flagella (rambut cambuk) yang digunakan sebagai alat gerak. Bakteri ada yang dapat hidup tanpa menggunakan oksigen yang disebut bakteri anaerob, misalnya Clostridium tetani penyebab penyakit tetanus.

Bakteri yang lain hanya dapat hidup dengan menggunakan oksigen bebas yang disebut bakteri aerob, misalnya Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit TBC.

Macam-macam Contoh Bakteri

Beberapa contoh bakteri adalah sebagai berikut.
  1. Salmonella typosa, penyebab penyakit tipus.
  2. Mycobacterium tuberculosis, penyebab TBC.
  3. Escherichia coli, hidup di usus besar manusia yang membantu membusukkan sisa makanan.
  4. Rhizobium radicicola, hidup bersimbiosis dengan tanaman kacang-kacangan yang membantu menambat nitrogen dari udara dengan membentuk bintil-bintil akar.
  5. Bacillus antrachis, penyebab penyakit antraks pada ternak.

Baca juga: Klasifikasi Makhluk Hidup
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!

COMMENTS

Nama

Bahasa Bahasa Indonesia Berita Biologi Cerpen Ekonomi Fisika IPA IPS Jenis Puisi Jurnalistik Kalimat Karya Sastra Kata Kimia Majas Paragraf Sastra Sejarah Sosiologi Tanda Baca Tata Bahasa
false
ltr
item
BlogInfo250: Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya
Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya
BlogInfo250
http://bloginfo250.blogspot.com/2016/11/pengertian-bakteri-dan-macam-macam.html
http://bloginfo250.blogspot.com/
http://bloginfo250.blogspot.com/
http://bloginfo250.blogspot.com/2016/11/pengertian-bakteri-dan-macam-macam.html
true
6918820841872183750
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy