Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)

Berikut ini adalah pembahasan tentang ganggang atau alga yang meliputi pengertian ganggang, contoh ganggang, macam macam ganggang, bentuk be...

Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga) - Hallo sahabat BlogInfo250, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)
link : Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)

Baca juga


Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)

Berikut ini adalah pembahasan tentang ganggang atau alga yang meliputi pengertian ganggang, contoh ganggang, macam macam ganggang, bentuk bentuk ganggang, jenis jenis ganggang, ciri ciri ganggang, definisi ganggang, peranan ganggang, pengertian alga, contoh alga, macam macam alga, bentuk bentuk alga, jenis jenis alga, ciri ciri alga, definisi alga, peranan alga.

Pengertian Ganggang (Alga)

Alga (jamak Algae) adalah sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. 
Alga bahkan dapat dianggap tidak memiliki "organ" seperti yang dimiliki tumbuhan (akar, batang, daun, dan sebagainya). Karena itu, alga pernah digolongkan pula sebagai tumbuhan bertalus.

Ciri-ciri Ganggang (Alga)

Kamu tentu pernah melihat air kolam atau sungai yang berwarna hijau. Warna hijau itu disebabkan karena melimpahnya ganggang yang hidup di perairan itu. Selain hidup di perairan air tawar, ganggang juga dapat ditemukan di air laut dan di tempat-tempat lembab seperti tanah, tembok, dan kulit pepohonan.

Ganggang mempunyai ciri-ciri yang menyerupai tumbuhan, yaitu mempunyai dinding sel dan berklorofil untuk fotosintesis. Selain klorofil, ganggang mempunyai pigmen atau zat warna yang lain.

Berdasarkan pigmen utamanya, alga dapat dikelompokkan menjadi ganggang hijau, ganggang cokelat, ganggang merah, dan ganggang keemasan/pirang.

Macam-macam Contoh Ganggang (Alga)

Perhatikan contoh ganggang berikut ini.
  1. Chlorella, (ganggang hijau), dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi.
  2. Sargassum siliquosum (ganggang cokelat), hidup menempel di bebatuan sepanjang pantai berbatu daerah tropis. Ukurannya beragam, dari yang kecil hingga yang mencapai panjang puluhan meter.
  3. Eucheuma spinosum (ganggang merah), dikenal sebagai rumput laut yang menghasilkan agar-agar.
  4. Diatom (ganggang pirang), umumnya hidup sebagai plankton di laut. Diatom yang telah mati cangkangnya mengendap di dasar laut membentuk tanah diatom (tanah kersik) yang dapat digunakan sebagai bahan penyaring, bahan cat, dan bahan pelicin (amplas).

Baca juga: Macam-macam Contoh Protozoa
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Bahasa Bahasa Indonesia Berita Biologi Cerpen Ekonomi Fisika IPA IPS Jenis Puisi Jurnalistik Kalimat Karya Sastra Kata Kimia Majas Paragraf Sastra Sejarah Sosiologi Tanda Baca Tata Bahasa
false
ltr
item
BlogInfo250: Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)
Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)
BlogInfo250
http://bloginfo250.blogspot.com/2016/11/pengertian-dan-ciri-ciri-ganggang-alga.html
http://bloginfo250.blogspot.com/
http://bloginfo250.blogspot.com/
http://bloginfo250.blogspot.com/2016/11/pengertian-dan-ciri-ciri-ganggang-alga.html
true
6918820841872183750
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy